Kamis, 07 Februari 2013

shinkole, "antara fenomena dan tragedi"


      Tahukah kalian apa sinkhole itu?
       Kalian mungkin pernah membaca artikel atau surat kabar tentang fenomena lubang besar yang tiba-tiba muncul dipermukaan bumi. Atau mungkin kalian pernah melihatnya di tv, atau bahkan kalian pernah melihatnya dengan kedua mata kepala kalian sendiri. Atau sebaliknya, kalian sama sekali belum tahu tentang hal tersebut. Bagi kalian yang belum tahu tentang hal tersebut, berikut uraiannya…

        Fenomena tersebut biasa dijuluki dengan istilah “SINKHOLE”. Sinkhole adalah lubang runtuhan pada permukaan bumi. Sinkhole yang terjadi bisa mencapai diameter 980 kaki, atau setara 300 meter. Kemunculan sinkhole selalu menjadi perbincangan yang hangat dan menarik, baik di media cetak, elektronik, kalangan awam, maupun akademisi.
         Fenomena sinkhole yang paling baru saat ini terjadi di Guatemala yang biasa disebut sinkhole Guatemala city. selain Guatemala, di mesir juga terdapat sinkhole yang diberi nama QATTARA DEPRESSION. Sinkhole tersebut merupakan yang terbesar di dunia, dengan luas 120 km dan lebar mencapai 80 km. saat ini sinkhole tersebut menjadi obyek wisata alam yang banyak dikunjungi. Di Indonesia sendiri, sinkhole cukup besar terjadi di gunung kidul, Yogyakarta, sesaat setelah terjadi gempa pada tahun 2006. Selain sinkhole yang telah disebutkan tadi, masih banyak lagi sinkhole yang tersebar di berbagai belahan dunia, dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda, sesuai dengan karakteristik tanah masing-masing.
           Secara ilmiah, sinkhole terjadi akibat erosi (pengikisan tanah) pada batuan dasar oleh aliran air dibawah tanah secara alami. Erosi tersebut berangsur-angsur terjadi, sehingga membuat rongga didalam tanah. Rongga itulah yang sering berjalannya waktu semakin membesar, sehingga tak dapat lagi menopang permukaan tanah dan akhirnya ambrol. Dengan demikianlah terciptanya lubang yang sangat besar, yang disebut dengan istilah sinkhole. Sinkhole rawan terjadi  pada tanah dengan bahan batuan dasar kapur, karena memiliki potensi tererosi air lebih besar dibandingkan dengan tanah berbatuan dasar jenis lainnya.
            Jika kita cermati dan tadabburi seksama fenomena sinkhole ini, maka kita akan dapati pesan-pesan yang tersirat, yang Allah ta’ala sisipkan di dalamnya. Pertama, Allah ta’ala ingin menunjukan kebesaran dan keagungannya. Kedua, Allah ta’ala ingin memberi peringatan pelajaran pada manusia agar tidak takabbur. Bahwasannya diatas langit masih ada langit, dan ditanah yang kau pijak masih memiliki lapisan tanah yang lebih dalam. Selain dua hal tersebut, masih banyak lagi hikmah yang terkandung di dalamnya, dan tentu saja hikmah itu hanya bisa di temukan oleh orang-orang yang berpikir. Sudah saatnya kita mengikat setiap lengkah hidup kita pada manhaj robbani dengan menyelami arti dibalik setiap tragedi, bersabar dan bersyukur atas apa yang menimpa kita. “fabi ayyi alaa irobbikumaa tukaddibaan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar